Ikatan Mahasiswa Matematika UNY
Log in

I forgot my password

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

Fri Dec 13, 2013 8:54 pm by darile

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf > bit.ly/1fsjdkV



Tags:

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

603cb2cf39 19
Marascia--Saxy thang-[BOXERDIGI04]-2009
s03e17
jhoom baraber jhoom sharabi...beat mix dj channu
backup0008tlnp_part03_rar
Army Men Rts.exe


lfs s2 alpha 0.5z tweak
plok boss m..
Windows 7 ULoader …


[ Full reading ]

Comments: 0

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

Fri Dec 13, 2013 8:54 pm by darile

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf > bit.ly/1fsjdkV



Tags:

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

603cb2cf39 19
Marascia--Saxy thang-[BOXERDIGI04]-2009
s03e17
jhoom baraber jhoom sharabi...beat mix dj channu
backup0008tlnp_part03_rar
Army Men Rts.exe


lfs s2 alpha 0.5z tweak
plok boss m..
Windows 7 ULoader …


[ Full reading ]

Comments: 0

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

Fri Dec 13, 2013 8:54 pm by darile

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf > bit.ly/1fsjdkV


:

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

603cb2cf39 20
k drama feat manchild of mars ill.mp3
norton internet security20.4.0.40.full.rar
Kape barako pinoy movie
indian bathroom nahati anty image
quake3 android
iron man armored adventures pepper potts …


[ Full reading ]

Comments: 0

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

Fri Dec 13, 2013 8:53 pm by darile

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf > bit.ly/1fsjdkV


:

Fundamentals Of Power System Economics By Daniel S. Kirschen And Goran Strbac.pdf

603cb2cf39 20
k drama feat manchild of mars ill.mp3
norton internet security20.4.0.40.full.rar
Kape barako pinoy movie
indian bathroom nahati anty image
quake3 android
iron man armored adventures pepper potts …


[ Full reading ]

Comments: 0

Statistics and Data with R

Tue Jun 09, 2009 6:57 pm by vahn

R, an Open Source software, has become the de facto statistical computing environment. It has an excellent collection of data manipulation and graphics capabilities. It is extensible and comes with a large number of packages that allow statistical analysis at all levels – from simple to advanced – and in numerous fields including Medicine, Genetics, Biology, Environmental Sciences, Geology, …

[ Full reading ]

Comments: 2

Menukar nilai dua buah variabel

Thu Jun 11, 2009 8:28 am by dimas

Biasanya untuk menukar dua nilai variabel, kita menggunakan variabel bantu.
contoh : Menukar A=5 dan B=3.
Penyelesaian :
C=A=5;
A=B=3;
B=C=5;

Ternyata kita juga dapat menukar dua nilai variabel tanpa menggunakan variabel bantu. Ada beberapa cara, diantaranya menggunakan operator + dan -.
Contoh : Menukar A=5 dan B=3
Penyelesaian :
A=A+B=5+3=8;
B=A-B=8-3=5;
A=A-B=8-5=3;

Nah, …

[ Full reading ]

Comments: 0

SPSS versi 15

Wed Jun 10, 2009 8:49 pm by vahn

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan mesin analisis statistik yang handal dan sering digunakan orang untuk menganalisis data. Mesin tersebut memerlukan suatu input (masukan) untuk diolah atau dianalisis. Data input tersebut diperoleh dari hasil pengamatan yang dilakukan atas suatu kejadian yang selanjutnya dipaparkan dalam tabel SPSS. Pengolahan data input ini mengacu pada …


[ Full reading ]

Comments: 0

SpeQ: Mathematics is easy

Tue Jun 09, 2009 6:55 pm by vahn

Bagi anda yang sering berkerja ataupun senang bermain dengan rumus-rumus matematika, pasti senang menggunakan aplikasi matematika SpeQ. Aplikasi ini selain gratis, ukurannya juga tidak besar, selain itu aplikasi ini juga mendukung banyak formulasi rumus-rumus matematika yang cukup mumpuni, antara lain fungsi: Analysis, Arithmetic, Complex numbers, Conversion, Hyperbolic, Integers, Probability, …

[ Full reading ]

Comments: 0

Matematika Asyik...

Tue Jun 09, 2009 6:50 pm by vahn

Asyiknya Matematika!
Banyak anak "alergi" matematika. Ada lho, cara memperkenalkan matematika pada balita secara menyenangkan.

Mengapa ya, banyak anak "takut" pada matematika? Padahal, jika mereka menguasainya dengan baik, mata pelajaran ini bisa sangat fun, lho. Saat ini, mulai banyak orangtua memperkenalkan matematika sejak dini kepada putera-puterinya. Mereka berharap, …

[ Full reading ]

Comments: 0

Statistics
We have 12 registered users
The newest registered user is proudcorps62

Our users have posted a total of 18 messages in 15 subjects
Who is online?
In total there are 2 users online :: 0 Registered, 0 Hidden and 2 Guests

None

[ View the whole list ]


Most users ever online was 43 on Tue Oct 22, 2013 5:34 pm

Matematika Asyik...

View previous topic View next topic Go down

Matematika Asyik...

Post  vahn on Tue Jun 09, 2009 6:50 pm

Asyiknya Matematika!
Banyak anak "alergi" matematika. Ada lho, cara memperkenalkan matematika pada balita secara menyenangkan.

Mengapa ya, banyak anak "takut" pada matematika? Padahal, jika mereka menguasainya dengan baik, mata pelajaran ini bisa sangat fun, lho. Saat ini, mulai banyak orangtua memperkenalkan matematika sejak dini kepada putera-puterinya. Mereka berharap, dengan mengenal lebih baik, dan menyenangkan, kelak anaknya tidak "alergi" pada pelajaran berhitung ini. Bahkan, bisa bersahabat alias jago matematika.

Menurut Konsultan Psikologi di Essa Consulting, Yunita P. Sakul Psi., idealnya, pengenalan matematika dimulai sejak usia sekolah dasar. Tetapi, karena sekarang banyak Taman Kanak-kanak mengharapkan anak didiknya menguasai berhitung. Atau, setidaknya mengerti
satu ditambah satu hasilnya dua (hitungan sederhana), tidak ada salahnya memperkenalkan matematika pada anak-anak usia pra-sekolah dan TK. Hanya saja, sebaiknya konsep pengenalan pada usia tersebut belum kongkrit. Misal, bagi balita cukup dengan belajar membandingkan ukuran seperti "besar", "kecil", "lebih besar", "lebih kecil" (pre-operasional). Sedangkan pada usia TK sudah boleh masuk ke pengenalan angka, seperti 1, 2, 3 sampai 10 (kongkrit).

Matematika Balita Harus Kongkrit
Matematika jadi menakutkan bagi anak, menurut Yunita, kerapkali karena harapan orangtua kepada anak untuk memperoleh nilai tinggi pada pelajaran ini, sangat besar. "Di masyarakat kita masih berlaku ketentuan, kalau pandai matematika, berarti pandai. Tetapi kalau tidak pandai matematika, meski hebat dalam pelajaran lain, tetap saja tidak pandai," ujarnya.

Selain itu, kalau anak mendapat nilai kecil untuk matematika, biasanya orangtua "kebakaran jenggot". Coba kalau nilai kecil dalam pelajaran olahraga, kesenian, atau PMP, ayah-ibu tidak terlalu pusing, tuh. Jadi, matematika memang "dianakemaskan" ketimbang pelajaran lain. Terang saja anak jadi grogi belajar matematika.

"Tetapi okey-lah, kalau ingin anak pandai matematika, sebenarnya ia bisa dipersiapkan. Hanya saja, pastikan dulu kalau Si Kecil memang berminat belajar matematika. Orangtua jangan kelewat memaksakan dan menuntut, karena nanti anak bisa kehilangan minat dan takut. Apalagi kalau ia diharap buru-buru pintar," saran Yunita.

Selain itu, untuk memperkenalkan balita pada matematika, orangtua (atau guru) harus memastikan anak mengerti konsep matematika. "Maksudnya, sebelum anak tahu berapa 1 + 1, ia anak harus tahu dahulu "banyak" itu berarti "lebih besar" berarti "ditambah". Sedangkan "sedikit" itu "lebih kecil" berarti "dikurang".

Terlalu dinikah mengajarkan matematika pada balita? Memangnya otaknya sudah bisa menangkap? Menurut Yunita, untuk matematika yang bersifat abstrak, memang balita belum bisa memahami. Tetapi untuk yang kongkrit-kongkrit (nyata - Red), sebetulnya mereka sudah siap belajar, kok. Jadi, perkenalkan saja matematika disesuaikan dengan kemampuan balita yang berbeda satu dengan yang lain. "Kita tidak boleh menyamaratakan cara mengajarkan matematika pada anak. Carilah cara yang sesuai dengan tingkat kemampuan pikirnya," pesan Yunita.

Pertama-tama, lanjut Yunita, cobalah perkenalkan konsep "bilangan". Penanaman konsep bilangan dapat diawali dengan mengenalkan "banyak-sedikit" atau "besar-kecil". Setelah itu, perkenalkan konsep angka, yang tujuannya agar anak tahu perbedaan antara satu dengan dua, dua dengan tiga, dst.

"Tetapi, mengenalkan angka-nya jangan langsung pakai simbol angka, ya (1, 2, 3). Karena, simbol sifatnya abstrak. Sementara balita lebih mudah menangkap yang kongkrit. Misal, untuk mengenalkan angka dua, gunakan gambar "dua buah apel". Untuk 2 + 3 = 5, gunakan
"dua apel" ditambah "tiga apel" hasilnya "lima apel". Dengan sesuatu yang konkret, anak akan segera melihat hasil penambahan adalah "lebih banyak". Sebaliknya, hasil pengurangan "lebih sedikit".

Lakukan Sambil Bermain
Mau anak akrab dengan matematika? Jadikan saja matematika "makanan" harian. Tetapi, jangan cekoki anak. Yunita menganjurkan, membiasakan tidak sama dengan mencekoki. "Lakukan pembiasaan dengan cara-cara menyenangkan. Seperti, sambil bermain," cetusnya.

Dengan cara bermain, anak jadi enjoy. Hasilnya pun bisa dipastikan efektif. Karena, belajar sambil bermain membuat otak anak mudah menyerap yang diajarkan. Saat ini, sudah banyak program komputer atau CD Rom berisi Fun Math atau belajar matematika cara menyenangkan bagi balita. Tetapi, secara tradisional pun kita bisa mengajarkan hal ini di rumah.

Contohnya, jika Anda memilih benda-benda, pilihlah berdasarkan bentuk, warna dan ukuran. Lalu, minta Si Kecil memisahkan sesuai bentuk, warna dan ukuran. Lalu, ajak ia menghitung. Jika Anda ingin anak menyukai angka, lakukan dengan permainan atau memanfaatkan benda-benda di sekitar rumah. "Pokoknya, masukkan saja matematika dalam kehidupan sehari-hari. Dengan cara ini, secara tidak sadar anak sudah belajar matematika. Niscaya setelah masuk sekolah, minatnya belajar matematika lebih tinggi. Dan, mereka tidak phobia lagi!" Yunita tersenyum.

Di Mana-mana Matematika!
Belajar matematika bisa di mana dan kapan saja. Kalau kita kreatif, lingkungan di sekitar anak bisa jadi "modul" matematika yang bagus.
• Belajar Angka
Angka-angka ada di mana pun. Pohon, rumah, gedung, orang, dll, semua bisa dihitung. Hitunglah bersama-sama anak, sembari jemari Anda memperlihatkan jumlahnya. Kalau ingin angka nyata, juga banyak. Saat Anda mengendarai mobil, misalnya. Pasti ada angka di hampir bagian jalan. Entah itu di rambu lalu lintas, di plat nomor kendaraan. Eja keras-keras angka-angka tersebut bersama anak. Ulangi setiap kali Anda berpergian bersamanya. Lambat laun, anak akan mengenali dan hafal. Apalagi angka-angka itu hanya berjumlah 10, pas untuk anak usia ini.
• Yuk, Hitung!
Untuk lebih memudahkan anak belajar matematika, tak ada salahnya selalu berhitung. Tengoklah sekeliling apa saja yang bisa dihitung. Misal, menghitung jumlah anak tangga di mal, menghitung permen di toples, menghitung anak ayam yang sedang mencari makan, dll.
• Mengurut Angka
Ini cara lama, tetapi bisa diandalkan keampuhannya untuk melatih anak mengurutkan angka. Anda bisa buat sendiri angka-angkanya. Buatlah secara acak, dan mintalah anak mengurutkan dari angka kecil sampai terbesar, lalu warnai. Di toko buku juga mudah ditemukan buku mewarnai yang mengharuskan anak mengurutkan angka atau mengelompokkan benda sesuai gambar (instruksi) angkanya.
• Belajar dari Nomor Telepon
Buat anak lebih akrab dengan angka lewat aktifitas memencet tombol telepon. Tulislah nomer telepon kantor Anda, mintalah anak menelpon Anda di kantor sehari sekali. Tak perlu lama-lama. yang penting ia belajar mengenal angka lewat nomor telepon. Atau, jika Anda akan menelpon teman, mintalah anak yang menyambungkan nomornya. Tentu di bawah pengawasan Anda. Cara ini secara mengasyikan akan membuat anak lebih mengenal angka.
• Belajar Bentuk
Amati sekitar dan cobalah cari bentuk-bentuk yang akan diperkenalkan saat belajar matematika. Perkenalkanlah pada anak bentuk bujur sangkar, segitiga, lingkaran dan aneka bentuk lainnya. Ia pasti senang diperkenalkan dengan bentuk-bentuk ini. Ajak ia menggambar dan
menirukan bentuk-bentuk itu meski belum sempurna.
• Bermain Kartu dan Domino
Bermain dengan kartu juga mengenalkan anak pada konsep menghitung. Hal ini, disadari atau tidak, membantu anak mengenal angka sekaligus mengembangkan kemampuan motoriknya Very Happy

vahn
Admin

Posts : 11
Points : 29
Join date : 2009-06-05
Age : 28
Location : Sleman

View user profile http://funmathematics.forumotion.com

Back to top Go down

View previous topic View next topic Back to top


 
Permissions in this forum:
You cannot reply to topics in this forum